31 Juli 2008

PENTINGNYA MEMBANGUN KOMUNIKASI


Komunikasi langkah awal memecahkan masalah

Sebagai makhluk sosial, maka komunikasi adalah suatu hal yang penting.Komunikasi akan membentuk hubungan satu sama lain, membangun hubungansatu sama lain. Dengan komunikasi itu pula, kepercayaan antara satudengan yang lain dapat ditumbuhkan. Komunikasi adalah awal dari suatulangkah untuk melakukan pemecahan masalah yang kita hadapi.Seorang dokter berkomunikasi dengan pasiennya dalam rangka ingin memecahkan masalah yang dihadapi oleh pasien. Sudah pasti antara dokter dan pasien ini harus terbangun komunikasi yang baik.Bagaimana seandainya komunikasi itu tidak terbangun dengan baik atau malah terputus ? Beberapa tahun yang lalu kita mendengar Kabel komunikasi bawah laut terputus karena suatu hal, apa dampak yang muncul ? Orang-orang tidak dapat melakukan komunikasi dengan baik, karena kabel penghubung untuk melakukan komunikasi itu tidak ada, alias rusak.Salah melakukan komunikasi akan berakibat fatal. Suatu bisnis sudah lama terbentuk dapat hancur karena komunikasi yang salah yang dilakukan oleh suatu perusahaan dengan konsumennya atau dengan perusahaan lainnya. Sehingga komunikasi sangat menentukan sekali nasib perkembangan suatu perusahaan ke depan.Agar komunikasi yang kita lakukan merupakan komunikasi yang baik, maka ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan ketika kita melakukan komunikasi. Antara lain adalah sebagi berikut.
Berkomunikasi dengan jelas
Tujuan dasar komunikasi itu sendiri adalah untuk menyampaikan sesuatu ke lawan komunikasi kita dengan maksud agar sesuatu itu tersampaikan dengan baik. Karena itu isi dari komunikasi itu harus dapat tersampaikan dengan baik dan jelas. Kita sampaikan sesuai dengan kemampuan lawan bicara kita dengan bahasa yang mudah dipahami dan dimengerti. Tidak menimbulkan pemahaman-pemahaman yang akan menimbulkan maksud yang lain.
Berkomunikasi sesering mungkin
Berkomunikasi pun perlu dibangun sesering mungkin. Dengan komunikasi ini pemahaman lawan bicara kita dapat kita bangun sedikit demi sedikit. Bertahun-tahun Rasulullah SAW membangun komunikasi dengan para sahabat untuk memberikan pemahaman tentang Al-Quran. Memberikan penjelasan sesuatu dan kemudian anda menginginkan lawan bicara anda langsung paham dengan apa yang anda maksudkan adalah kesalahan besar. Bisa jadi lawan bicara anda paham dengan apa yang anda sampaikan, akan tetapi tidak sesuai dengan harapan yang anda inginkan.Karena itu syarat agar komunikasi kita menjadi optimal adalah melakukannya berulang-ulang dan sesering mungkin.
Dengarkan dengan baik
Menjadi pendengar yang baik adalah salah satu kunci keberhasilan dari komunikasi yang akan anda bangun. Dengarkan apa yang diungkapkan oleh lawan bicara anda, sehingga anda akan menangkap apa yang tersimpan di dalam fikiran lawan bicara anda. Komunikasi adalah suatu proses dua arah, ada yang memberikan informasi dan ada yang menerima informasi.Seorang dokter yang baik adalah yang dia bisa mendengarkan keluhan si pasien dengan baik. Mendengarkan keluhan-keluhannya dengan baik, dan akhirnya memberikan solusi yang paling tepat buat si pasien.Memahami lawan bicara dengan baik, sebelum mereka memahami kitaSalah satu kesuksesan komunikasi adalah ketika kondisi, sifat atau karakter lawan komunikasi kita, kita pahami dengan baik. Kita tahu apa kebutuhan dan apa kesulitan lawan bicara kita. Apa yang diperlukan apa yang tidak diperlukannya. Sehingga kita akan tahu, apa alasan utama ketika lawan bicara kita mengungkapkan sesuatu yang bisa jadi tidak sepaham dengan keinginan kita. Tanpa paham kondisi lawan bicara kita, solusi yang akan kita dapatkan jauh dari apa yang kita harapkan.Mempunyai poin dan goal yang samaKomunikasi tanpa melakukan poin dan goal yang sama akan memberikan komunikasi yang tanpa arah. Karena itu ketika kita melakukan komunikasi definisikan dengan jelas. Untuk apa anda berkomunikasi ? Definisikan dengan jelas, poin apa yang anda kehendaki. Sampaikan poin dan goal kepada lawan komunikasi anda, sehingga komunikasi anda akan selesai sesuai dengan keinginan anda dan lawan bicara anda.

Tidak ada komentar: